legalscrawl

law sometimes sleep but the law never die

EKSPLORASI UNSUR-UNSUR PERBUATAN MELAWAN HUKUM

2 Comments

Dari beberapa buku tentang hukum perikatan sering dibagi secara pokok bahwa perikatan ada yang lahir dari perjanjian dan lahir dari Undang-undang. Didalam perikatan yang lahir dari Undang-undang inilah terdapat adanya perbuatan melawan hukum. Perbuatan Melawan Hukum dalam bidang  hukum perdata di Indonesia diatur dalam Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (burgelijk wetbook) yang isi lengkapnya adalah

“Setiap perbuatan melawan hukum yang oleh karenanya menimbulkan kerugian pada orang lain, mewajibkan orang yang karena kesalahannya menyebabkan kerugian itu mengganti kerugian”

Secara pokok unsur-unsur dalam Perbuatan Melawan Hukum tersebut adalah :

  1. Harus ada perbuatan;
  2. Perbuatan itu harus melawan hukum;
  3. Ada kerugian;
  4. Ada hubungan sebab akibat antara perbuatan melawan hukum dan ganti kerugian;
  5. Ada kesalahan;

Dari unsur-unsur pokok perbuatan melawan hukum tersebut diatas jika dicermati lebih mendalam tentunya masih multitafsir karena belum adanya batasan penjelas dari masing-masing unsur. Dalam kehidupan nyata atau prakteknya seringkali terjadi pemahaman yang kurang padu dengan apa yang dimaksud dalam masing-masing unsur. Berikut ini beberapa penjelasan lebih lanjut dari masing-masing unsur tersebut.

1. Harus Ada Perbuatan

Perbuatan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia secara singkat merupakan sesuatu yang diperbuat (dilakukan) atau suatu tindakan atau suatu kelakuan atau suatu tingkah laku. Perbuatan ini bisa positif atau negatif. Perbuatan positif seringkali dimaknai sebagai tindakan atau tingkah laku yang bermanfaat baik buat diri sendiri dan atau orang lain. Sedangkan di sisi lain, perbuatan negatif adalah sebaliknya. Perbuatan negatif seringkali dipandang mayoritas masyarakat sebagai tindakan yang hanya merugikan diri sendiri maupun orang lain.

2. Perbuatan itu harus melawan hukum

Unsur ini bisa dikatakan sebagai jantung dari unsur-unsur perbuatan melawan hukum sesuai Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Melawan hukum dari perbuatan yang dilakukan tersebut pada mulanya hanyalah dipahami sebagai perbuatan yang melanggar Undang-Undang dan hak orang lain. Akan tetapi lama kelamaan hal itu bisa melawan hukum tertulis yang mana dalam hal ini adalah Undang-Undang namun bisa juga melawan hukum yang tidak tertulis di masyarakat tempat terjadinya perbuatan melawan hukum tersebut yaitu kepatutan dan ketertiban.

3. Ada Kerugian

Kerugian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berasal dari kata dasar rugi yang memiliki makna sebagai tidak mendapat faedah atau tidak memperoleh sesuatu yang berguna dari awalnya mendapatkan hal yang berguna atau sesuatu yang mudarat (kurang baik). Kategori lebih lanjut tentang kerugian ini ada dua kerugian yaitu kerugian tentang benda dan kerugian tentang nyawa. Kerugian tentang benda misalnya adalah rusaknya mobil karena digores dengan pisau. Kerugian tentang nyawa dimaksudkan juga sebagai luka tubuh ataupun hilangnya nyawa seseorang.

4. Adanya hubungan sebab akibat antara perbuatan melawan hukum dan ganti kerugian

Antara perbuatan melawan hukum dan kerugian yang masing-masing berdiri sendiri dengan maknanya yang berbeda, hal ini lain jika perbuatan melawan hukum dikaitkan dengan ganti kerugian yang memiliki kausalitas satu sama lain. Pemahaman dari aspek ini adalah bahwa sebab perbuatan melawan hukum seseorang yang menimbulkan kerugian memang berakibat adanya keadaan yang harus diganti oleh pembuat kerugian tersebut.

5. Ada kesalahan

Secara logika nalar berpikir kita, kesalahan adalah keadaan menyimpang dari yang seharusnya. Kesalahan dibagi menjadi kesalahan yang secara sengaja dilakukan dan kesalahan yang karena lalai. Kesalahan yang secara sengaja dilakukan bisa dipahami sebagai keadaan menyimpang dari yang seharusnya dilakukan dengan melawan suatu hal yang sudah diketahui hal itu dilarang. Misalnya mendirikan bangunan diatas tanah yang bukan miliknya secara tegas tidak diperbolehkan, namun orang yang membangun bangunan tersebut tetap membangun diatas tanah yang bukan miliknya. Selain kesalahan yang dilakukan secara sengaja, ada juga karena kesalahan tersebut dilakukan karena lalai. Pengertian dari lalai ini bertolak belakang dengan sengaja, lalai merupakan keadaan seseorang tidak tahu hal yang dilakukannya salah tapi mayoritas orang menyepakati hal itu salah. Lalai juga bisa juga dimaknai sebagai kekurang hati-hatian seseorang terhadap suatu keadaan.

Perbuatan melawan hukum yang sering juga disebut dengan Onrechtmatige daad telah berkembang sedemikian rupa karena berkat Putusan Hoge Raad di negeri belanda memberikan pengertian baru tentang onrechtmatige daad pada tanggal 31 Januari 1919. Inti dari putusan tersebut adalah tentang Seorang yang membujuk seorang buruh dari suatu perusahaan saingannya untuk memberikan keterangan-keterangan perihal cara-cara kerja yang bersifat rahasia dalam perusahaan tersebut. Hal itu dapat dianggap telah melakukan onrechtmatige f daad. Jika perbuatan demikian itu, karena kesalahan si pembuat telah menimbulkan kerugian, si pembuat ini akan dihukum mengganti kerugian. Putusan Hoge Raad ini begitu pentingnya hingga sering dipersamakan dengan suatu revolusi dalam dunia kehakiman. Banyak sekali perbuatan yang dulu tidak dapat digugat di depan hakim, sekarang oleh hakim diartikan sebagai onrechtmatig: jika dapat dibuktikan bahwa dari kesalahan si pembuat itu telah timbul kerugian pada seorang lain, maka si pembuat itu akan dihukum untuk mengganti kerugian itu. (Subekti, Pokok-Pokok Hukum Perdata, Ctk.tiga puluh satu, Intermasa, Jakarta, 2003, hlm.133)

About these ads

Author: seputro1109

social-addict, because i thought our life is so flat without human-other. Give the best for them and you'll be the best. If you want to take my writing for your personal use, you must specify this address. Regards

2 thoughts on “EKSPLORASI UNSUR-UNSUR PERBUATAN MELAWAN HUKUM

  1. om mau tanya referensinya atau daftar pustakanya darimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,948 other followers